Disdukcapil Kota Baubau Tertibkan Dokumen kependudukan denganJemput Bola

Share this Post:
Image 3
Berita

Kendari (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, berhasil menerbitkan ratusan dokumen kependudukan hasil jemput bola di Kecamatan Lea-Lea selama sebulan penuh pada Maret 2021.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data (PIAK PD) Disdukcapil Baubau Purwanto melalui pesan singkatnya, Jumat, mengatakan program jemput bola tersebut dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada masyarakat sekaligus meminimalisir kepadatan di Kantor Disdukcapil.

"Jadi kecamatan Lea-Lea sendiri merupakan kecamatan kedua sasaran program jemput bola Disdukcapil Baubau setelah sebelumnya tuntas dilakukan di Kecamatan Kokalukuna pada bulan Februari 2021.

Dalam program jemput bola ini kata Purwanto, semua layanan administrasi data kependudukan (Adminduk) dilayani di kantor kelurahan tempat program jemput bola sedang berlangsung.

"Pelayanan kami itu mencakup semua Adminduk dari 12 layanan meliputi 31 elemen data mulai dari data lahir sampai mati," tutur Purwanto.

Purwanto merinci, adapun hasil jemput bola di Kecamatan Lea-Lea meliputi kartu keluarga 95 dokumen, pergantian KTP- EL 93 dokumen, akta kelahiran 210 dokumen, akta kematian 8 dokumen, pindah datang 3 dokumen, data rentan 3 dokumen, perekaman KTP-EL 93 dokumen, KIA 17 dokumen dan konsolidasi manual 3 dokumen. Sementara layanan suket, akte perkawinan dan perceraian nihil di kecamatan Lea-Lea.

Ia juga menambahkan, saat ini pihaknya tengah menuntaskan pendataan Adminduk di Kecamatan Bungi sebagai sasaran kecamatan ketiga program jemput bola.

Adapun program jemput bola Disdukcapil Baubau akan menyasar semua kecamatan yang dimulai Februari hingga September 2021.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2022